Skip to content
logo surya
Home » Artikel » Mengenal Jenis Kaca Film Gedung Untuk Melindungi Dan Mempercantik Bangunan

Mengenal Jenis Kaca Film Gedung Untuk Melindungi Dan Mempercantik Bangunan

Kaca Film Gedung merupakan jenis kaca film yang biasa dijumpai di gedung komersial. Beberapa di antaranya adalah ruko, perkantoran, rumah sakit, hingga pabrik. Sama seperti kaca film untuk mobil, kaca film yang dijumpai di gedung difungsikan sebagai pelindung dan penunjang nilai estetika.

Anda yang sedang mencari layanan pemasangan datang ke artikel yang tepat. Di bawah ini, kita akan mengupas dan Mengenal Jenis Kaca Film Gedung Untuk Melindungi & Mempercantik Bangunan.

Jenis-jenis kaca film untuk gedung

Cukup mudah menemukan kaca film yang disediakan untuk sebuah bangunan. Meski begitu, jenisnya yang beragam perlu anda pelajari baik-baik, sebab masing-masing fungsinya berbeda. Kalau sampai salah pasang, kaca film tadi bukannya melindungi, tetapi berisiko membuat orang-orang di dalam gedung kurang nyaman beraktivitas.

Dari segi perlindungan, ada dua jenis kaca film yang umum digunakan, baik dalam pemasangan kaca film rumah dan gedung, antara lain:

  1. Insulating film

Disebut juga sebagai kaca film isolasi, jenis kaca film ini ditujukan untuk memantulkan panas sinar matahari. Alhasil, suhu di dalam ruangan akan lebih stabil dan tak membuat AC lebih irit digunakan. Hal tersebut yang juga membantu pengelola gedung menghemat pengeluaran untuk biaya listrik.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan kaca film isolasi adalah mempertahankan kehangatan dalam ruangan sampai 55%. Pengelolaan suhu yang baik secara tak langsung mencegah pemudaran pada warna perabot dan memudahkan perawatan jendela.

  1. Privacy film

Sama seperti insulating film, privacy film dibekali kemampuan memblokir sinar ultraviolet sampai 99%. Bedanya, jenis kaca film ini mampu menciptakan privasi di dalam ruangan. Maka wajar saja bila privacy film kerap digunakan untuk kaca film rumah maupun gedung.

Kelebihan yang diberikan privacy film memungkinkan anda mengadakan pertemuan di ruangan tertentu yang memakai pintu dan kaca. Hal ini memudahkan anda fokus bekerja sekaligus memantau karyawan tanpa perlu keluar ruangan.

Sementara dari segi fungsi, berikut kaca film gedung yang dapat dimanfaatkan :

  1. Kaca film one way anti-UV

Kaca film one way anti-UV atau kaca reflektif termasuk jenis kaca film yang dijual dengan harga terjangkau. Walau demikian, ada berbagai kelebihan yang dapat dimanfaatkan, misalnya saja untuk menyerap panas yang tinggi. Desainnya yang bervariasi pun akan membuat nilai estetika pada interior dan eksteriornya semakin cantik.

  1. Kaca film riben

Berikutnya ada kaca film riben, kaca film jendela kantor yang mampu memberikan efek teduh. Hal tersebut disebabkan jenis kaca ini sanggup menolak panas matahari. Kemampuannya ini membuat kaca film riben sering dipasang di pabrik. Warna yang disediakan tak kalah beragam, dari cokelat, abu-abu, hijau, sampai merah.

  1. Kaca film clear & security

Sesuai namanya, kaca film clear & security difokuskan untuk keamanan. Khususnya saat terjadi benturan atau tabrakan yang berisiko menimbulkan serpihan hingga pecahan yang membahayakan. Berkat fungsi tersebut, kaca film clear & security menjadi salah satu jenis yang difavoritkan untuk memaksimalkan keamanan di bangunan gedung komersial.

  1. Kaca film sandblast

Berikutnya ada kaca film sandblast yang diminati karena tekstur dan polanya. Berbeda dari kaca pelindung lainnya, kaca sandblast mempunyai tekstur kasar yang memudahkannya untuk dipasang. Anda juga dapat melakukan kustomisasi pada pola kaca film gedung. Hal ini pula yang membuat kaca sandblast disebut sebagai stiker es atau stiker buram.

Tips memilih kaca film untuk proteksi gedung

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, berikut cara memilih kaca film sebagai proteksi gedung:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang disinggung, pemasangan kaca film sebaiknya disesuaikan kebutuhan. Apakah untuk sekadar pelindung atau meningkatkan estetika penampilan gedung. Untuk kebutuhan estetika, Anda bisa memilih jenis riben yang juga sering dipakai sebagai kaca film rumah terdekat. Apalagi jenis warnanya yang bervariasi dapat dicocokkan dengan desain gedung.

Sementara kalau gedung berada di kawasan rawan bencana seperti gempa, maka kaca film clear & security adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, jenis kaca lebih tebal, sehingga tak mudah pecah dan rusak saat terguncang. Sementara kaca film sandblast ditujukan untuk memperindah interior hingga menjaga privasi para karyawan.

  • Kaca tak mengandung bahan metal

Kaca film jendela rumah terdekat maupun untuk gedung bukan hanya terbuat dari kaca. Namun, pastikan juga salah satu materialnya tak terbuat dari metal. Mengapa demikian? Metal justru akan mengurangi kemampuan kaca film dalam menyerap dan memantul panas. Sementara kaca non-metal akan membuat kaca tahan lebih lama.

  • Kenali komponen IRR, UVR, serta TSER

Kaca film terdiri atas tiga komponen utama yang perlu diperhatikan. Di antaranya Infra Red Rejection (IRR), Ultraviolet Rejection (UVR), dan Total Solar Energy Rejection (TSER). Berikut adalah penjelasan masing-masing komponen:

  • IRR. Semakin tinggi IRR, maka semakin bagus juga kualitas kaca film. Namun, bukan berarti IRR 100% menjadikan kaca film tahan panas maupun rusak, karena masih ada dua komponen yang perlu diperhatikan;
  • UVR. Kaca film dengan tingkat UVR yang tinggi membuat kemampuannya dalam menahan sinar UV semakin maksimal. Untuk kaca film rumah terbaik maupun gedung, tingkat persentasenya hanya sampai 99%. Pasalnya sinar UV didominasi struktur spektrum matahari paling sedikit;
  • TSER. Persentase tertinggi yang diberikan TSER adalah 55, sementara 35% di antaranya adalh IRR. 

Dengan kata lain, tingkat atau persentase pada setiap komponen berpengaruh pada kualitas proteksinya. Jadi, ada baiknya anda mengenali lokasi dan iklim di sekitar gedung dibangun untuk mengetahui sebanyak apa komponen yang dibutuhkan.

  • Jangan mudah tergiur harga miring

Beberapa kaca film memang dijual dengan harga bersahabat, tetapi ada juga yang mahal. Pihak penyedia jasa juga biiasanya meminta biaya tambahan kalau anda mengajukan kustomisasi pada kaca film tahan panas. Untuk itu, jangan mudah tergiur pada harga kaca film yang miring atau sampai lebih dari setengah harga normal di pasaran.

Karena hal ini pula anda harus membandingkan harga kaca film sebelum membeli. Tujuannya tak hanya untuk mencari penyedia produk yang sesuai, tetapi juga mencegah penipuan.

  • Beli dan pasang kaca film dari penyedia terpercaya

Kalau memperhatikan poin-poin di atas, akan lebih mudah bagi anda menemukan jual kaca film gedung yang berpengalaman. Biasanya mereka tak cuma obral harga murah. Hal-hal lain seperti pemasangan kaca dan pelayanan konsumen juga dijamin memuaskan.

Akan lebih baik kalau anda menggunakan penyedia jasa yang dekat dengan gedung. Tujuannya adalah memudahkan akses, menghemat pengeluaran dari segi ongkos transportasi, dan membuat anda mudah memantau proses pasang kaca.

Demikian informasi seputar kaca film yang mencakup jenis hingga tips mencari penyedia produk. Semoga anda menemukan jenis kaca film yang sesuai untuk melindungi dan mempercantik bangunan!

Anda sedang mencari kaca film ? hubungi kami segera untuk gratis survey area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

 

Spread the love

Anda tidak dapat meng copy artikel ini, artikel ini original