Skip to content
logo surya
Home » Artikel » Kelebihan dan Kekurangan Vertikal Blind Sebagai Penutup Jendela

Kelebihan dan Kekurangan Vertikal Blind Sebagai Penutup Jendela

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuat tampilan rumah jadi lebih menarik dengan elemen-elemen yang serbaguna. Salah satunya yaitu dengan menggunakan vertikal blind sebagai penutup jendela. Vertikal blind sendiri sering digunakan di perkantoran, rumah sakit, hotel, apartemen, maupun gedung perkuliahan. Namun jangan salah, saat ini tidak sedikit pula rumah-rumah yang mulai menggunakaan vertikal blind karena fungsinya yang sama dengan gorden dan tampilannya yang tak kalah elegan. 

Lantas, apa itu vertikal blind? Nah, bagi anda yang masih bingung, vertikal blind atau yang biasa disebut window blind merupakan alternatif gorden berupa tirai yang berguna untuk menutup dan melindungi kaca jendela. Biasanya, vertikal blind terbuat dari plastik maupun kayu yang diikat menggunakan tali. Ada banyak jenis vertikal blind dengan pengoperasiannya yang berbeda-beda, yang dapat anda pilih sesuai dengan selera. 

Jika anda mulai tertarik dengan vertikal blind, anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan tirai penutup ini sebagai bahan pertimbangan. Yuk simak, berikut kelebihan dan kekurangan vertikal blind sebagai penutup jendela.

1. Kelebihan Vertical Blind

a. Dapat menyaring cahaya matahari dengan maksimal

Berbeda dengan gorden,tekstur dan dan bahan padat vertical blind membuat cahaya matahari yang masuk menerobos melalui jendela dapat tersaring dengan maksimal.Hal ini sangat berguna terutama saat siang hari agar istirahat pun jadi lebih nyaman.

b. Hemat tempat 

Bagi anda yang memiliki hunian dengan konsep minimalis, sangat cocok untuk menggunakan vertikal blind. Tirai penutup ini tidak memerlukan banyak tempat bahkan bisa langsung anda pasang menyesuaikan ukuran jendela rumah anda.

c. Mudah dibersihkan

Berbeda dengan gorden yang mesti di cuci ataupun di laundry, anda cukup menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada vertical blind.

 d. Warnanya tidak mudah pudar

Meskipun digunakan dalam kurun waktu yang lama, warna vertical blind tidak akan pudar. Berbeda dengan gorden yang warnanya dapat pudar seiring berjalannya waktu.

2. Kekurangan vertical blind

a. Harga yang mahal Ditinjau dari harganya

Vertical blind memang cukup mahal dibandingkan penutup jendela lainnya. Maka tak heran, jika tirai ini banyak digunakan di gedung-gedung perkantoran maupun hotel.

b. Harus membersihkan dengan hati-hati

Saat anda akan membersihkan vertical blind, pastikan anda sudah ready dan saat waktu senggang. Hal ini karena vertical blind harus dibersihkan secara telaten, maka jika ada salah pengoperasian maka bisa menjadi rusak tampilannya. Dan untuk memperbaikinya anda harus membongkar ulang atau menggantinya dengan yang baru. 

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan vertical blind. Keduanya bisa menjadi bahan pertimbangan anda, namun jika anda masih bingung anda dapat menghubungi Surya Cemerlang Artistik. Selain menyediakan beberapa jenis vertical blind untuk, anda juga bisa langsung konsultasi melalui survey secara langsung. Tunggu apalagi, yuk segera gunakan vertical blind untuk hunian anda agar lebih nyaman dan menarik.

Spread the love

Anda tidak dapat meng copy artikel ini, artikel ini original